Kamis, 25 November 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Manusia dan Tanggung Jawab
Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti memiliki tanggung jawab di dalam hidupnya. Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia Tanggung Jawab adalah kewajiban terhadap segala sesuatunya, fungsi menerima pembebanan sebagai akibat sikap tindak sendiri atau pihak lain.
Contohnya : seorang pelajar di berikan tugas oleh gurunya maka tugas itu merupakan tanggung jawab yang harus ia kerjakan dan selesaikan. Bila tidak dikerjakan maka dia tidak melakukan kewajibannya sebagai pelajar dan dia akan mendapatkan hukuman akibat tidak menjalankan kewajibannya dan tidak bertanggung jawab.
Jadi dapat di simpulkan bahwa, tanggung jawab merupakan sikap manusia yang di tuntut harus memiliki rasa bersalah (tanggung jawab) atas setip perbuatan, prilaku, ucapan, dan pekerjaan yang di berikan kepada dirinya. Apa bila manusia tidak memiliki rasa tanggung jawab dalam dirinya maka kehidupan ini akan kacau dan tidak terkendali. Manusia akan melakukan semua perbuatan yang ia inginkan tanpa ada batasan dan pertanggung jawaban atas yang telah dia kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar